Minggu, 19 Januari 2014

Kitab Suci Modern

By on 06.25
Al-Qur'an versus Smartphone
Dikala saya masih kecil, pada waktu itu masih gelap gulita banyak pohon rindang yang mengelilingi jalanan desa. Dimana setiap harinya di desa itu anak-anak yang seumur dengan saya pada tahun 90 an masih banyak yang belajar sore untuk mengaji maupun belajar agama di mushola maupun masjid yang di jadikan tempat belajar agama keseharianya untuk anak-anak yang berusia antara lima tahun sampai sebelas tahunan.

Pada waktu itu umur saya masih menginjak sekitar lima tahun, sudah menjadi kewajiban bahkan budaya untuk di tuntut bisa membaca Al-Qur'an. Seiring ingin menjadikan masa depan para penerus bangsa sudah layaknya setiap anak di bekali ilmu yang mengatur kehidupanya berupa keyakinan yang mendasari sikap dan perilaku keseharianya.

Dan sebagaimana mayoritas masyarakat saya beragama Islam sudah pastinya di wajibkan membaca dan mempelajari dari kitab Al-Qur'an dan As-Sunah, daripada itu belum adanya alat komunikasi maupun sarana bermain yang modern dan memadahi seperti saat ini. Anak-anak di pastikan banyak yang membaca dan mempelajari Al-Qur'an sebagaimana mestinya yang telah di biasakan dalam bentuk aturan yang di laksanakan keseharianya pada sore dan malam hari oleh orang tua maupun guru relawan sebagai pengajar di surau-surau tertentu yang telah diamanati dari masyarakat sekitarnya.

Akan tetapi berbeda keadaan pada usiaku menginjak ke dua puluh tahun keatas ini,. Seakan kitab suci pedoman hidup yang telah menjadi aturan selama ini hilang minat untuk membaca dan mempelajarinya. Seiring canggihnya alat komunikasi pemuas kebutuhan kegiatan sehari-hari berupa data curahan hati satu dengan lainya yang tertulis dalam jejaring sosial berupa Facebook, Twiter dan lainya maupun alat elektronik yang bisa menghibur diri berupa Game yang ada dalam telepon genggam pribadi atau lainya.

Saat zaman modern ini, saya merasa kitab suci yang di pelajari dan kaji itu berpindah ke alat komunikasi dan alat elektronik lainya.

0 komentar:

Posting Komentar